Mesin pencari web merupakan layanan computer yg dibuat & dipakai untuk melakukan pencarian data atau liputan yg tersimpan pada layanan www, ftp, publikasi milis & lain lain. Dewasa ini mesin pencari yg telah terdapat antara lain :
1. Google
Informasi digital adalah
informasi yang memanfaatkan media atau alat elektronik untuk mendapatkan dan menyampaikan
suatu berita, data maupun informasi. Jenis-jenis informasi digital yang sering
digunakan yaitu melalui email, chatting, aplikasi pertemuan daring (zoom,
google meet) pembahasan lebih lanjut pada bab system komputasi sub bab Google
Drive.
2. Aplikasi Percakapan (Chating)
Chatting adalah kegiatan
berkomunikasi dan berinteraksi melalui Internet. Dengan fitur ini, Anda dapat mengobrol
dengan siapa saja kapan saja, di mana saja. Telegram, Messenger YAHOO, dll
adalah contoh penggunaan aplikasinya
3. Aplikasi Pertemuan Online
Aplikasi pertemuan
online/teleconference merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengadakan suatu
pertemuan atau komunikasi dimanapun dan kapanpun via internet yang tidak
mengharuskan anda untuk bertemu langsung satu sama lain. Aneka aplikasi ini
memungkinkan banyak tersedia di platform ponsel, desktop, maupun ios. Pembahasan
lebih lanjut dibahas pada bab Jaringan Komputer Internet.
4. Latihan Pengetahuan
Dalam pembelajaran sumber belajar bisa didapatkan dari mana
saja salah satunya adalah internet. Siswa diminta untuk mencari dan mengirim
informasi melalui internet.
Menggunakan Mesin Pencari (Search Engine)
Dengan miliaran situs web yang
daring saat ini, ada banyak informasi di Internet. Mesin pencari membuat
informasi ini lebih mudah ditemukan. Mari kita lihat dasar-dasarnyamenggunakan
mesin pencari, sebagai wsebutkan beberapa teknik yang dapat Anda gunakan untuk
mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik.
Bagaimana mencari di Web
Ada banyak mesin pencari berbeda
yang dapat Anda gunakan, tetapi beberapa yang paling populer termasuk Google ,
Yahoo! , dan Bing . Untuk melakukan pencarian, Anda perlu menavigasi ke mesin
pencari di browser web Anda, ketik satu atau beberapa kata kunci — juga dikenal
sebagai istilah pencarian — lalu tekan Enter pada keyboard Anda. Dalam contoh
ini, kami akan mencari resep.
Setelah Anda menjalankan pencarian, Anda akan melihat daftar situs web relevan yang cocok dengan istilah pencarian Anda. Ini biasanya dikenal sebagai hasil pencarian . Jika Anda melihat situs yang terlihat menarik, Anda dapat mengklik link untuk membukanya. Jika situs tersebut tidak memiliki apa yang Anda butuhkan, Anda dapat kembali ke halaman hasil untuk mencari opsi lainnya.
Sebagian besar browser juga memungkinkan Anda melakukan penelusuran web langsung dari bilah alamat, meskipun beberapa memiliki bilah penelusuran terpisah di sebelah bilah alamat. Cukup ketikkan istilah pencarian Anda dan tekan Enter untuk menjalankan pencarian.
Saran pencarian
Jika Anda tidak menemukan apa
yang Anda cari pada percobaan pertama, jangan khawatir! Mesin pencari pandai
menemukan sesuatu secara online, tetapi tidak sempurna. Anda akan sering kali
perlu mencoba istilah penelusuran yang berbeda untuk menemukan apa yang Anda
cari.
Jika Anda kesulitan memikirkan istilah pencarian baru, Anda dapat menggunakan saran pencarian. Ini biasanya akan muncul saat Anda mengetik, dan ini adalah cara terbaik untuk menemukan kata kunci baru yang mungkin belum Anda coba sebelumnya. Untuk menggunakan saran pencarian, Anda dapat mengkliknya dengan mouse Anda, atau memilihnya dengan tombol panah pada keyboard Anda.
Mempersempit pencarian Anda
Jika Anda masih kesulitan menemukan apa yang Anda butuhkan, Anda dapat menggunakan beberapa karakter khusus untuk membantu mempersempit pencarian Anda. Misalnya, jika Anda ingin mengecualikan kata dari pencarian, Anda dapat mengetikkan tanda hubung ( - ) di awal kata. Jadi jika Anda ingin mencari resep kue yang tidak mengandung coklat, Anda bisa mencari resep cookies -cokelat.
Anda juga dapat menelusuri kata atau frasa yang tepat untuk lebih mempersempit hasil Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menempatkan tanda kutip ("") di sekitar istilah penelusuran yang diinginkan. Misalnya, jika Anda menelusuri resep "kue gula" , hasil penelusuran Anda hanya akan menyertakan resep kue gula, bukan cookie apa pun yang kebetulan menggunakan gula sebagai bahan baku.
Teknik ini mungkin berguna dalam kasus tertentu, tetapi Anda mungkin tidak perlu menggunakannya di sebagian besar pencarian. Mesin pencari biasanya dapat mengetahui apa yang Anda cari tanpa karakter tambahan ini. Kami merekomendasikan untuk mencoba beberapa saran pencarian yang berbeda sebelum menggunakan metode ini.
Cara menyesuaikan Google
Jika Anda benar-benar menyukai
Google, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjadikan pengalaman
Anda lebih pribadi .
- Setel lokasi Anda. Lokasi yang Anda simpan di Google (kota, negara bagian, dan kode pos Anda) akan membantunya menemukan hasil pencarian yang lebih relevan dengan tempat tinggal Anda. Google cukup ahli dalam mendeteksi lokasi Anda secara otomatis setiap kali Anda melakukan pencarian; namun, jika gagal, Anda dapat mengatur sendiri lokasi Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang fitur ini, kunjungi halaman Perbarui lokasi Anda di Google .
- Jadikan Google sebagai beranda Anda. Beranda Anda adalah hal pertama yang Anda lihat saat membuka browser (atau saat Anda mengklik tombol Beranda browser ). Jika mau, Anda dapat menjadikan Google sebagai beranda, yang merupakan opsi bagus jika Anda mengunjungi situs tersebut sepanjang hari.
- Buat akun Google. Mendaftar untuk akun Google Anda sendiri tidak diperlukan untuk melakukan pencarian Google. Namun, itu adalah sesuatu yang harus Anda pertimbangkan jika Anda tertarik dengan salah satu dari banyak layanan yang ditawarkan Google. Misalnya, tahukah Anda bahwa Gmail, YouTube, dan Blogger adalah bagian dari akun Google? Jika Anda mendaftar, Anda bahkan dapat menyesuaikan beranda Google Anda. Untuk melihat lebih dalam, tinjau tutorial Akun Google.
Pencarian khusus konten
Ada kalanya Anda mencari sesuatu
yang lebih spesifik, seperti artikel berita, gambar, atau video . Sebagian
besar mesin pencari memiliki tautan di bagian atas halaman yang memungkinkan
Anda melakukan pencarian unik ini.
Pada contoh di bawah ini, kami telah menggunakan istilah penelusuran yang sama untuk mencari gambar, bukan situs web. Jika Anda melihat gambar yang Anda suka, Anda dapat mengklik untuk mengunjungi situs web asalnya.
Anda dapat menggunakan alat pencarian tambahan untuk lebih mempersempit hasil Anda. Alat ini akan berubah berdasarkan jenis konten yang Anda cari, tetapi dalam contoh ini kami dapat memfilter gambar kami berdasarkan ukuran , warna , jenis gambar , dan banyak lagi. Jadi jika Anda ingin mencari kue dengan frosting merah muda, Anda bisa mencari gambar yang sebagian besar berwarna merah muda.
Iklan
Satu hal terakhir yang perlu
diperhatikan: Sebagian besar mesin pencari menyertakan iklan dengan hasil
pencarian. Misalnya, Anda dapat melihat iklan di bagian atas hasil pencarian di
bawah ini.
Iklan ini didasarkan pada istilah penelusuran Anda dan sering kali terlihat mirip dengan hasil penelusuran lainnya. Meskipun mungkin berguna dalam beberapa kasus, biasanya lebih membantu untuk berfokus pada hasil pencarian yang sebenarnya.
Strategi Pencarian
Kemampuan untuk mencari informasi
secara online adalah salah satu keterampilan literasi digital terpenting yang
dapat Anda miliki. Ini memungkinkan Anda dengan cepat menemukan apa yang Anda
cari tanpa harus menyaring halaman hasil yang tidak relevan.
Alat terpenting dalam proses ini
adalah mesin pencari, yang merupakan situs web khusus yang mencari informasi di
Internet. Anda mungkin pernah mendengar yang paling populer, termasuk Google,
Yahoo!, dan Bing, dan meskipun masing-masing berguna, keduanya juga dapat
memberikan hasil yang berbeda.
Secara keseluruhan, Google adalah
mesin pencari paling populer. Ini sangat populer, bahkan menjadi kata kerja
yang umum, seperti ketika seseorang berkata, saya mencari alamatnya di Google
sekarang. Sepanjang tutorial ini, kami akan fokus terutama pada Google, tetapi
banyak dari teknik ini juga akan bekerja dengan mesin pencari lainnya.
Bagaimana memulai pencarian
Saat memulai pencarian, ada dua metode umum yang mudah
ditemukan dan ramah pengguna.
Opsi 1: Beranda . Buka beranda
mesin telusur, misalnya google.com, dan ketikkan istilah penelusuran Anda ke
dalam kotak teks. Untuk melihat hasil Anda, Anda dapat menekan tombol Enter , atau
Anda dapat mengklik ikon, seperti tombol Google Penelusuran atau kaca pembesar.
Opsi 2: Bilah alamat browser Anda . Bergantung pada browser Anda, Anda mungkin dapat melakukan pencarian langsung dari antarmuka browser. Misalnya, di Chrome, Anda dapat memasukkan istilah penelusuran Anda langsung ke bilah alamat. Di Internet Explorer (gambar di bawah), Anda dapat menggunakan bilah alamat atau bilah pencarian bawaan untuk memulai pencarian.
Bilah alamat atau bilah pencarian browser Anda mungkin disetel ke Google secara default, tetapi Anda dapat mengubahnya dalam setelan browser Anda.
Strategi pencarian
Dengan beberapa strategi
pencarian dasar , Anda biasanya dapat menemukan hampir semua hal yang Anda
inginkan. Tidak masalah jika Anda menggunakan Google atau mesin pencari lainnya
karena teknik ini efektif di mana pun Anda mencari.
- Sederhanakan : Buat pencarian Anda singkat dengan berfokus pada kata kunci, lalu minimalkan jumlah kata kunci tersebut. Dengan cara ini, Anda lebih mungkin mendapatkan hasil yang relevan.
- Pertimbangkan saran : Saat Anda memasukkan istilah, mesin telusur akan menyarankan hasil paling populer yang melibatkan istilah tersebut, jadi jangan takut untuk memilih salah satu, karena sering kali dapat memberi Anda banyak ide baru.
- Gunakan bahasa alami : Anda tidak perlu menggunakan kata atau frasa yang rumit untuk mendapatkan hasil. Mesin pencari dapat mengenali bahasa yang biasa Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari, jadi silakan mencoba apa pun yang terlintas dalam pikiran.
Memahami hasil pencarian Anda
Bergantung pada pencarian Anda, format hasil Anda mungkin berbeda-beda berdasarkan apa yang menurut mesin pencari akan paling berguna. Artinya, hasil Anda dapat mencakup peta, sebagian dari artikel Wikipedia, daftar, dan banyak lagi.
Menemukan jenis konten tertentu
Mesin pencari dapat menemukan
berbagai jenis konten selain halaman web. Hanya dengan satu atau dua klik, Anda
juga dapat mencari gambar, video, berita, dan lainnya.
Klik tombol interaktif di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang jenis konten yang dapat Anda cari dengan menggunakan opsi di atas hasil pencarian.
Masih belum menemukan yang Anda cari?
Jika Anda masih kesulitan
mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda mungkin perlu mencoba istilah
penelusuran yang berbeda, disertai dengan sedikit pemikiran kritis.
Katakanlah Anda sedang mencari
tempat di mana Anda bisa mengadopsi seekor kucing. Kata-kata apa yang akan Anda
gunakan untuk menggambarkan hal ini? Mungkin penampungan hewan atau
penyelamatan hewan peliharaan ? Bagaimana dengan tempat untuk mengadopsi kucing? Ketiga opsi ini akan memberi Anda hasil yang relevan, tetapi mungkin juga
berbeda. Jika satu istilah tidak memberikan apa yang Anda inginkan, mungkin
berguna untuk mencoba yang lain.
Tetapi bagaimana jika Anda tidak
tahu apa yang harus dicari? Kemudian cari apa yang Anda ketahui. Jika Anda
ingin menemukan lagu lama dengan judul yang tidak dapat Anda ingat, cari
beberapa liriknya, artis yang menyanyikannya, atau informasi lain yang dapat
membantu mempersempit hasil. Anda mungkin harus menggali sedikit, tetapi
mencari sesuatu dengan cara yang kreatif dapat membantu Anda menemukan apa yang
Anda cari.
Pencarian lanjutan
Saat ini, mesin pencari menjadi
sangat efektif dalam memberikan hasil yang Anda inginkan. Namun, ada kalanya
Anda mungkin perlu mencari informasi yang sangat spesifik yang tidak dapat
ditemukan oleh pencarian biasa. Di situlah Pencarian Lanjutan Google berperan.
Anda dapat mengaksesnya dari halaman hasil pencarian Google dengan mengklik Pengaturan dan memilih Pencarian Lanjutan. Dari sana, Anda dapat menelusuri dengan berbagai cara, mulai dari menemukan hasil yang berisi kata atau frasa yang tepat hingga mempersempit hasil berdasarkan bahasa atau tingkat bacaan.
Menggunakan fakta cepat dengan Google
Fakta cepat adalah trik yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan umum, seperti memecahkan soal matematika, mencari skor olahraga, atau mengubah ukuran. Cukup ketik kueri Anda di kotak pencarian, seperti 5 mil hingga km atau 79 + 481 , dan jawabannya akan muncul di bagian atas halaman hasil.
Fitur tersembunyi dari Google Penelusuran
Google dapat melakukan lebih dari
sekadar menemukan situs web. Faktanya, mesin pencari memiliki banyak fitur yang
dapat menyederhanakan pengalaman online Anda, dan Anda mungkin tidak mengetahui
trik yang mudah digunakan ini bahkan sampai sekarang.
Dekat saya (near me)
Menyertakan frasa di dekat saya
dalam penelusuran Anda dapat memberikan semua jenis informasi. Cukup ketik
sesuatu seperti makanan di dekat saya, kopi di dekat saya, atau bensin di dekat saya, dan Google akan
mencari contoh di sekitar. Bahkan ungkapan seperti tempat keren di dekat saya
memberikan hasil yang unik, jadi jangan ragu untuk mencoba ide baru.
Kalkulator matematika dan geometri
Untuk mendapatkan bantuan tentang
matematika, masukkan soal ke dalam kotak pencarian, seperti 42 dibagi 11 atau
19 * 8 , dan Google akan memberikan jawaban dan kalkulator.
Jika geometri membuat Anda kesulitan, ketik selesaikan dengan bentuk seperti segitiga atau persegi panjang . Ini akan memunculkan kalkulator geometri, yang darinya Anda dapat menyelesaikan berbagai aspek bentuk.
Konversi
Anda dapat mengonversi berbagai jenis pengukuran, termasuk jarak, berat, dan suhu. Misalnya, ketik 5 kilometer ke mil , atau 30 liter ke galon untuk mendapatkan konversi instan. Anda juga dapat menggunakan singkatan, seperti f untuk Fahrenheit atau kg untuk kilogram, untuk meminimalkan pengetikan.
Definisi dan terjemahan
Untuk bantuan dengan bahasa dan
kosa kata, ketik define dan kata apa saja untuk mendapatkan definisi yang
bersumber dari Oxford Dictionary, bersama dengan sinonim dan antonim umum.
Jika Anda membutuhkan penerjemah bahasa, cukup ketik terjemahkan . Anda juga dapat menambahkan kata atau frase ke pencarian dan segera mendapatkan versi bahasa Inggrisnya. Ingatlah bahwa terjemahan ini tidak selalu sempurna, jadi buat semuanya tetap sederhana untuk memastikan Anda mendapatkan hasil yang lebih akurat.
Cuaca
Kapan pun Anda membutuhkan cuaca
lokal, ketik cuaca , atau tambahkan nama tempat untuk mendapatkan prakiraan
cuaca di hampir semua tempat di Bumi, dari Phoenix hingga Gunung Everest.
Jarak antar tempat
Untuk mencari jarak antar tempat,
masukkan dua lokasi berbeda dengan kata to di antaranya, misalnya raleigh to
asheville .
Jika Anda ingin petunjuk arah mengemudi untuk rute ini, cukup klik ikon Petunjuk Arah di sudut.
Pelacakan pengiriman
Terakhir, Anda dapat melacak pengiriman
dengan memasukkan nomor pelacakan Anda , lalu mengklik operator Anda untuk
mendapatkan semua detailnya.
Sangat bermanfaat
BalasHapusNama : Selklin Dhea Ayu Ananda
BalasHapusKelas : X Nautika 2
Pendapat : saya mendapat kan wawasan dan pengetahuan baru tentang pencarian digital serta pembelajaran ini cukup mudah untuk dipahami
Nama:Teuku Indra Gandhi
BalasHapusKelas:X Nautika 2
Pendapat:Pembelajaran ini mudah di pahami dan saya mendapat kan wawasan tentang pencarian digital.
Nama : Hussain Firman Nugraha
BalasHapusKelas : X Nautika 2
NIT : 21131622
Pendapat : Pembelajaran ini mudah di pahami dan saya mendapat wawasan tentang pencarian digital.
Nama: Alya Amellia
BalasHapuskelas:X Nautika 2
NIT:21131617
pendapat: pembelajaran ini mudah dipahami dan saya mendapat kan informasi dan wawasanengenai pencarian digital
Nama:Rivaldo Adityo Fransisco
BalasHapusKelas: X Nautika 1
NIT:21131611
Pendapat: Pembelajaran mudah di pahami dan pembaca dapat menambah wawasan untuk membuka informasi digital
Nama:Rafi Aziz Hakim
BalasHapusKelas:X Nautika 2
NIT:21131627
Pendapat:Pembelajaran ini mudah di pahami, saya mendapatkan wawasan dan informasi mengenai pencarian digital
Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatu
BalasHapusNama Tegar Amona nur cahyono
No 18
Kelas XIT1
Nit 20121572
Materi ini mengenai tentang produk kemasan yang menarik dan inovatif